Perawatan bayi dilakukan pada seluruh bagian tubuhnya termaksud juga rambut. Perawatan pada rambut dilakukan agar bayi Anda memiliki rambut yang tebal dan hitam. Perawatan rambut bayi bisa dibantu dengan produk perawatan khusus rambut yang bisa Anda dapatkan dengan harga promo ramadhan yang memberikan potongan harga hingga 22% sesuai ketentuan berlaku.

Tips Mudah dan Aman Merawat Kesehatan Rambut Pada Bayi

1. Membersihkannya Sambil Memijat

Bayi terkadang memang sering rewel saat bagian rambutnya diberikan sampo. Anda bisa menjadikan aktivitas ini menyenangkan baginya sambil menyanyikan lagu. Lakukan pembersihkan sambil memijat kepala bayi hingga bayi Anda terasa nyaman.

Ketika bayi telah nyaman, maka Anda dapat dengan leluasa membersihkannya. Jangan lupa setelah selesai memberikan sampo lengkapi dengan pemberian conditioner agar hasil perawatan yang Anda lakukan lebih optimal. Pastikan produk sampo dan conditioner yang Anda gunakan adalah produk yang aman dan membantu merawat rambut bayi dengan lembut.

2. Sisir dan Uraikan Simpul Rambut

Keringkan rambut bayi Anda setelah pemberian conditioner selesai. Sisir rambut menggunakan sisir yang berukuran gigi yang lebar untuk menguraikan simpul-simpul pada rambut. Sisir dengan pelan-pelan ini khusus bagi bayi Anda yang telah memiliki rambut tebal sejak lahir.

Bagi bayi yang belum memiliki rambut tidak perlu disisir. Cara sisir rambut bayi juga perlu diperhatikan. Anda hanya cukup menyisirnya dengan lembut mulai dari ujung rambut. Kemudian pelan-pelan bergerak ke bagian atas kepala yang setiap sisiran menyentuh hingga kulit kepalanya.

3. Pemotongan dengan Bentuk yang Tepat

Setelah bayi Anda berumur 6 bulan ke atas Anda perlu melakukan pemotongan rambut. Pada bayi yang telah memiliki rambut yang lebat dan keriting Anda perlu memotongnya tanpa menyisakan bagian poni. Pada bayi yang memiliki rambut tebal dan bergelombang Anda bisa memotongnya dengan menipiskan rambut agar nantinya tidak mudah kusut.

Jika bayi Anda tidak memiliki rambut yang tebal dan hanya memiliki rambut berupa helaian alias tipis, sebaiknya Anda memotongnya hingga botak. Tujuannya untuk menghasilkan pertumbuhan rambut baru yang lebih baik.

4. Gunakan Minyak Rambut Bayi

Langkah perawatan yang terakhir dalam menjaga rambut bayi dengan menggunakan minyak rambut atau pun gel. Tujuannya untuk membantu mengatasi rambut bayi yang kering dan mudah kusut. Anda bisa memberikannya sehabis mandi atau pun sebelum bayi tidur. Minyak rambut atau gel bayi akan sangat membantu ketika Anda tidak mencuci rambut bayi.

Perawatan pada bayi ini perlu Anda lakukan dengan sangat hati-hati mengingat kulit bayi yang masih sangat sensitif. Anda perlu memperhatikan kondisi kulit kepala bayi jika mengalami masalah kulit sebaiknya konsultasikan ke paramedis yang ahli. Tanyakan apakah bayi aman jika menggunakan sampo dan juga conditioner serta minyak rambut atau pun gel.