Proses tumbuh kembang anak dilalui berdasarkan ciri-ciri tertentu. ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan anak adalah hal yang wajib anda perhatikan dan tidak boleh disepelekan dan seringkali ada dalam berbagai tips parenting yang dapat dijadikan referensi bagi para orang tua. Nah untuk lebih jelasnya bisa baca penjelasan di bawah ini.

Pertumbuhan

– Perubahan ukuran, bertambahnya umur anak berbanding lurus dengan penambahan ukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala.

– Perubahan proporsi, badan bayi pasti akan berbeda dengan tubuh orang dewasa

– Ciri-ciri lama yang menghilang

Selama mengalami proses pertumbuhan, ada hal-hal yang menghilang perlahan, seperti terlepasnya gigi susu serta hilangnya kelenjar timus (kelenjar yang terletak diantara belakang jantung dan tulang dada).

– Munculnya ciri-ciri baru

Kemunculan terjadi akibat pematangan fungsi organ tubuh. perubahan fisiknya meliputi muncul gigi tetap dan kelamin sekunder (buah dada pada wanita, dada bidang pada laki-laki serta rambut pubis yang tumbuh).

Perkembangan

– Perkembangan melibatkan perubahan.

Proses berkembangnya anak selalu disertai dengan perubahan, misalnya perkembangan sistem reproduksi ditandai dengan perubahan pada organ kelamin. Perubahan pada fase perkembangan meliputi berubahnya proporsi badan, ukuran tubuh secara umum, perubahan ciri-ciri lama serta munculnya ciri-ciri baru sebagai suatu tanda bahwa organ tubuh tertentu telah mengalami kematangan.

– Perkembangan awal menentukan pertumbuhan selanjutnya.

Manusia tidak akan bisa melalui suatu tahap perkembangan sebelum manusia itu berhasil melalui fase sebelumnya. Contoh sederhananya adalah seorang balita tidak akan bisa berjalan, sebelum ia berhasil berdiri. Proses berkembang awal adalah tahapan cukup kiritis, karena dapat mempengaruhi perkembangan selanjutnya.

– Perkembangan disertai dengan tahap yang berurutan.

Pola perkembangan anak akan terjadi sesuai dengan tahap yang berurutan serta tidak mungkin terbalik-balik, contohnya ialah anak akan terlebih dahulu bisa merangkak sebelum berdiri, anak akan mampu membuat gambar lingkaran sebelum membuat gambar persegi.

– Kecepatan perkembangan anak berbeda-beda

Proses berkembangnya organ tubuh akan berlangsung dengan kecepatan yang berbeda. kaki maupun tangan akan berkembang secara pesat pada masa awal remaja, sedangkan anggota tubuh lainnya berkembang pesat pada masa lainnya.

– Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lain

Pertumbuhan yang berlangsung cepat juga diimbangi dengan pesatnya proses berkembang, misalnya peningkatan daya ingat, nalar sampai mental.

Aspek Tumbuh Kembang Anak

Departemen Kesehatan Republik Indonesia membagi aspek Tumbuh Kembang anak menjadi 4 yaitu gerak kasar, gerak halus, kemampuan bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian.

  1. Gerak kasar atau motorik kasar adalah aspek pada kemampuan anak melakukan pergerakan ataupun sikap tubuh serta melibatkan otot-otot besar, misalnya duduk, berdiri, dan sebagainya.
  2. Gerak halus atau motorik halus adalah aspek pada kemampuan anak melakukan gerakan yang melibatkan bagian-bagian badan tertentu. gerakan tersebut dilakukan oleh otot-otot kecil, namun memerlukan koordinasi yang tepat seperti mengamati sesuatu, mengambil menggunakan ujung telunjuk, menulis.
  3. Kemampuan bicara dan bahasa adalah aspek pada kemampuan untuk memberikan respons terhadap suara, berbicara, berkomunikasi serta mengikuti perintah

 

  1. Sosialisasi dan kemandirian adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri anak untuk melakukan aktivitas secara sendirian misalnya makan sendiri, membereskan mainan setelah bermain, berpisah dengan ibu dan pengasuhnya, bersosialisasi maupun berinteraksi dengan lingkungan, keluarga sampai temannya.

 

Itulah artikel mengenai ciri tumbuh kembang anak dan aspek-aspeknya.